Kamis, 18 Februari 2010

Eksistsensi Dajjal


Keluarnya Dajjal merupakan satu perkara yang pasti. Dajjal akan berusaha menyesatkan manusia dari jalan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Sehingga orang yang beriman semestinya mengetahui sifat serta fitnah-fitnah Dajjal agar terhindar dari kesesatannya.

Al-Imam Al-Qurthubi rahimahullahu menerangkan: "Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam telah menyifati Dajjal dengan penjelasan yang gamblang bagi orang yang punya hati. Sifat-sifat tersebut semuanya jelek, yang nampak jelas bagi orang yang mempunyai indera yang sehat. Namun orang yang Allah Subhanahu wa Ta'ala tetapkan akan celaka tetap mengikuti Dajjal dalam pengakuannya yang dusta dan dungu, serta diharamkan untuk mengikuti al-haq…."

Apakah Dajjal itu Manusia?
Asy-Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullahu berkata: "Ya. Dajjal adalah manusia dari bani Adam. Sebagian para ulama menyatakan Dajjal adalah setan. Sebagian lagi menyatakan bapaknya manusia, ibunya dari bangsa jin. Tapi semua pendapat ini tidaklah benar. Karena dia butuh makan, minum, dan lainnya. Oleh karena itu, Nabi 'Isa 'alaihissalam membunuhnya dengan cara membunuh manusia biasa." (Asy-Syarhul Mumti' 3/275)
Al-Qadhi 'Iyadh rahimahullahu berkata: "Hadits-hadits ini adalah hujjah bagi Ahlus Sunnah akan benarnya keberadaan Dajjal, bahwa Dajjal adalah satu sosok tubuh yang merupakan ujian dari Allah Subhanahu wa Ta'ala bagi hamba-hamba-Nya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berikan dia kemampuan melakukan beberapa hal, seperti menghidupkan orang mati yang ia bunuh, memunculkan kesuburan, membawa sungai, surga dan neraka, perbendaharaan bumi mengikuti dirinya, memerintahkan langit untuk hujan maka turunlah hujan, memerintahkan bumi untuk menumbuhkan maka tumbuhlah tanaman-tanaman. Itu semua terjadi dengan kehendak Allah Subhanahu wa Ta'ala. Setelah itu, ia tak mampu melakukannya, tidak mampu membunuh seorang laki-laki (yang sebelumnya dibunuh kemudian dihidupkan kembali olehnya) ataupun lainnya…."
Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu berkata: "(Yang benar) Dajjal adalah manusia. Fitnahnya lebih besar dari (sekedar) fitnah Eropa sebagaimana banyak diterangkan dalam banyak hadits." (Ash-Shahihah, 3/191)

Dakwah Dajjal
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin rahimahullahu mengatakan: "Telah disebutkan, awal mula ia keluar menyeru kepada Islam, mengaku sebagai muslim. Kemudian mengaku sebagai nabi, setelah itu mengaku sebagai ilah." (Asy-Syarhul Mumti' 3/268, lihat Qishshatu Dajjal wa Nuzul 'Isa karya Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu)

Sifat-sifat dan Bentuk Fisiknya
1. Seorang pemuda yang berambut keriting dan kusut masai.
Dari An-Nawwas bin Sam'an radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
إِنَّهُ شَابٌّ قَطَطٌ عَيْنُهُ طَافِئَةٌ كَأَنِّي أُشَبِّهُهُ بِعَبْدِ الْعُزَّى بْنِ قَطَنٍ
"Dia adalah seorang pemuda yang sangat keriting rambutnya, hilang cahaya matanya, seakan-akan aku menyerupakannya dengan Abdul 'Uzza bin Qathan." (HR. Muslim: 2937)
Dalam riwayat lain: "Rambutnya kusut."
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
إِنَّ مِنْ بَعْدِكُمُ الْكَذَّابَ الْمُضِلَّ وَإِنَّ رَأْسَهُ مِنْ بَعْدِهِ حُبُكٌ حُبُكٌ حُبُكٌ -ثَلاَثَ مَرَّاتٍ- وَإِنَّهُ سَيَقُوْلُ: أَنَا رَبُّكُمْ؛ فَمَنْ قَالَ: لَسْتَ رَبَّنَا لَكِنَّ رَبَّنَا اللهُ عَلَيْهِ تَوَكَّلْنَا وَإِلَيْهِ أَنَبْنَا نَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شَرِّكَ؛ لَمْ يَكُنْ لَهُ عَلَيْهِ سُلْطَانٌ
"Nanti akan ada pendusta yang menyesatkan, rambut di belakangnya hubukun (keriting seperti terjalin/dipintal) –beliau ucapkan tiga kali–. Dia akan berkata: 'Aku adalah Rabb kalian'. Barangsiapa yang berkata: 'Engkau bukan Rabb kami. Rabb kami adalah Allah, kepada-Nyalah kami bertawakal dan kepada-Nyalah kami kembali. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatanmu', niscaya Dajjal tak mampu mengalahkannya." (Ash-Shahihah no. 2808)
Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu berkata: "Hadits ini merupakan dalil yang tegas bahwa Dajjal akbar (terbesar) adalah manusia yang punya kepala dan rambut. Bukan sesuatu yang maknawi atau kiasan dari kerusakan, sebagaimana ucapan orang-orang yang lemah imannya…." (Silsilah Ahadits Shahihah, 6/2, pada penjelasan hadits no. 2808)

2. Matanya
Dia adalah seorang yang buta sebelah, sedangkan Rabb kalian tidaklah demikian. Masalah ini diriwayatkan dalam hadits yang mutawatir, diriwayatkan oleh lebih dari sepuluh orang sahabat. Di antaranya:
- Dari Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma:
قَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي النَّاسِ فَأَثْنَى عَلَى اللهِ بِمَا هُوَ أَهْلُهُ ثُمَّ ذَكَرَ الدَّجَّالَ فَقَالَ: إِنِّي أُنْذِرُكُمُوْهُ وَمَا مِنْ نَبِيٍّ إِلاَّ قَدْ أَنْذَرَهُ قَوْمَهُ، لَقَدْ أَنْذَرَهُ نُوْحٌ قَوْمَهُ وَلَكِنْ سَأَقُوْلُ لَكُمْ فِيْهِ قَوْلاً لَمْ يَقُلْهُ نَبِيٌّ لِقَوْمِهِ، تَعْلَمُوْنَ أَنَّهُ أَعْوَرُ وَأَنَّ اللهَ لَيْسَ بِأَعْوَرَ
Rasulullah berdiri di hadapan manusia, menyanjung Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan sanjungan yang merupakan hak-Nya, kemudian menyebut Dajjal dan berkata: "Aku memperingatkan kalian darinya, tidaklah ada seorang nabi kecuali pasti akan memperingatkan kaumnya tentang Dajjal. Nuh 'alaihissalam telah memperingatkan kaumnya. Akan tetapi aku akan sampaikan kepada kalian satu ucapan yang belum disampaikan para nabi kepada kaumnya. Ketahuilah dia itu buta sebelah, adapun Allah Subhanahu wa Ta'ala tidaklah demikian." (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Muslim no. 2930)
- Dari Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
إِنَّ الْمَسِيْحَ الدَّجَّالَ أَعْوَرُ عَيْنِ الْيُمْنَى كَأَنَّ عَيْنَهُ عِنَبَةٌ طَافِيَةٌ
"Sesungguhnya Dajjal buta matanya yang kanan, matanya seperti anggur yang menonjol." (HR. Al-Bukhari dan Muslim no. 2932)
- Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
أَلاَ أُحَدِّثُكُمْ حَدِيْثًا عَنْ الدَّجَّالِ مَا حَدَّثَ بِهِ نَبِيٌّ قَوْمَهُ؛ إِنَّهُ أَعْوَرُ وَإِنَّهُ يَجِيْءُ مَعَهُ بِمِثَالِ الْجَنَّةِ وَالنَّارِ فَالَّتِي يَقُوْلُ إِنَّهَا الْجَنَّةُ هِيَ النَّارُ وَإِنِّي أُنْذِرُكُمْ كَمَا أَنْذَرَ بِهِ نُوْحٌ قَوْمَهُ
"Maukah aku sampaikan kepada kalian tentang Dajjal yang telah disampaikan oleh seorang nabi kepada kaumnya? Dia buta sebelah, membawa sesuatu seperti surga dan neraka. Yang dia katakan surga pada hakikatnya adalah neraka, aku peringatkan kepada kalian sebagaimana Nabi Nuh 'alaihissalam memperingatkan kaumnya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim no. 2936)
Rasullullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
هُوَ أَعْوَرُ هِجَانٌ كَأَنَّ رَأْسَهُ أَصَلَةٌ، أَشْبَهُ رِجَالِكُمْ بِهِ عَبْدُ الْعُزَّى بْنُ قَطَنٍ فَإِمَّا هَلَكَ الْهُلَّكُ فَإِنَّ رَبَّكُمْ عَزَّ وَجَلَّ لَيْسَ بِأَعْوَرَ
"Dajjal matanya buta sebelah, kulitnya putih." (Dalam satu riwayat): "Kulitnya putih seperti keledai putih. Kepalanya kecil dan banyak gerak, mirip dengan Abdul 'Uzza bin Qathan. Jika ada orang-orang yang binasa (mengikuti fitnahnya), ketahuilah Rabb kalian tidaklah buta sebelah." (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban, Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu berkata: Sanadnya shahih menurut syarat Muslim, Ash-Shahihah, no. 1193)
Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu berkata: "Hadits ini menunjukkan Dajjal akbar adalah manusia yang mempunyai sifat seperti manusia. Apalagi Rasulullah menyerupakannya dengan Abdul 'Uzza bin Qathan, seorang shahabat. Hadits ini satu dari sekian banyak dalil yang membatilkan takwil sebagian orang yang menyatakan Dajjal bukanlah sosok fisik, tapi rumuz (simbol) kemajuan Eropa berikut kemegahan serta fitnahnya. (Yang haq) Dajjal adalah manusia, fitnahnya lebih besar dari fitnah Eropa sebagaimana banyak diterangkan dalam banyak hadits." (Ash-Shahihah, 3/191)

Tulisan di antara Kedua Matanya
Tertulis di antara kedua matanya ك ف ر yang bisa dibaca oleh mukmin yang bisa baca tulis ataupun tidak. Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
مَا مِنْ نَبِيٍّ إِلاَّ وَقَدْ أَنْذَرَ أُمَّتَهُ اْلأَعْوَرَ الْكَذَّابَ أَلاَ إِنَّهُ أَعْوَرُ وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ وَمَكْتُوْبٌ بَيْنَ عَيْنَيْهِ ك ف ر
"Tidak ada seorang nabi pun kecuali memperingatkan umatnya dari Dajjal. Dia buta, pendusta. Ketahuilah dia buta, adapun Rabb kalian tidaklah demikian. Tertulis di antara dua mata Dajjal :ك ف ر -yakni: kafir." (HR. Al-Bukhari dan Muslim no. 2933)
Dari 'Umar bin Tsabit Al-Anshari rahimahullah, beliau mendapatkan berita dari sebagian shahabat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bahwasanya pada suatu hari beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata memperingatkan manusia dari Dajjal:
إِنَّهُ مَكْتُوْبٌ بَيْنَ عَيْنَيْهِ كَافِرٌ يَقْرَؤُهُ مَنْ كَرِهَ عَمَلَهُ أَوْ يَقْرَؤُهُ كُلُّ مُؤْمِنٍ
"Sesungguhnya tertulis di antara dua matanya ك ف ر, akan bisa membacanya orang yang membenci amalannya -atau akan membacanya semua mukmin." (HR. Muslim)
Dalam satu riwayat dari Hudzaifah radhiyallahu 'anhu:
يَقْرَؤُهُ كُلُّ مُؤْمِنٍ كَاتِبٍ وَغَيْرِ كَاتِبٍ
"Akan bisa membacanya semua mukmin yang bisa menulis ataupun tidak." (HR. Muslim, 2934/105)
Al-Imam An-Nawawi rahimahullahu berkata: "Yang benar dan ini adalah ucapan para ulama muhaqqiqin: Tulisan (yang ada di antara kedua mata Dajjal, -pen.) adalah hakiki adanya sesuai dzahirnya. Allah Subhanahu wa Ta'ala jadikan sebagai tanda di antara sekian tanda kekufuran, kedustaan, dan kebatilannya. Allah Subhanahu wa Ta'ala tampakkan kepada seluruh mukmin yang bisa baca tulis ataupun tidak, dan Allah Subhanahu wa Ta'ala sembunyikan (tanda tersebut) dari orang yang diinginkan kesesatannya dan terkena fitnahnya." (Syarh Muslim, 9/294)

Pengikut Dajjal
Dari Anas radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
يَتْبَعُ الدَّجَّالَ مِنْ يَهُوْدِ أَصْبَهَانَ سَبْعُوْنَ أَلْفًا عَلَيْهِمْ الطَّيَالِسَةُ
"Akan mengikuti Dajjal dari kaum Yahudi Ashbahan (sebuah kota di Iran) 70.000 orang, (tanda) mereka memakai thayalisah (sejenis kain yang dipakai di pundak)." (HR. Muslim no. 2944)
Pengikut Dajjal adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang yang jahat. Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu 'anha:
دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا أَبْكِي، فَقَالَ لِي: مَا يُبْكِيْكِ؟ قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، ذَكَرْتُ الدَّجَّالَ فَبَكَيْتُ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنْ يَخْرُجِ الدَّجَّالُ وَأَنَا حَيٌّ كَفَيْتُكُمُوْهُ، وَإِنْ يَخْرُجِ الدَّجَّالُ بَعْدِي فَإِنَّ رَبَّكُمْ عَزَّ وَجَلَّ لَيْسَ بِأَعْوَرَ وَإِنَّهُ يَخْرُجُ فِي يَهُوْدِيَّةِ أَصْبَهَانَ حَتَّى يَأْتِيَ الْمَدِيْنَةَ فَيَنْزِلَ نَاحِيَتَهَا وَلَهَا يَوْمَئِذٍ سَبْعَةُ أَبْوَابٍ عَلَى كُلِّ نَقْبٍ مِنْهَا مَلَكَانِ، فَيَخْرُجَ إِلَيْهِ شِرَارُ أَهْلِهَا
"Rasulullah masuk ke kamarku dalam keadaan aku sedang menangis. Beliau berkata kepadaku: 'Apa yang membuatmu menangis?' Aku menjawab: 'Saya mengingat perkara Dajjal maka aku pun menangis.' Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata: 'Jika dia keluar sedang aku masih berada di antara kalian niscaya aku akan mencukupi (melindungi) kalian. Jika dia keluar setelah aku mati maka ketahuilah Rabb kalian tidak buta sebelah. Dajjal keluar bersama orang-orang Yahudi Ashbahan hingga datang ke Madinah dan berhenti di salah satu sudut Madinah. Madinah ketika itu memiliki tujuh pintu, setiap celahnya ada dua malaikat yang berjaga. Maka keluarlah orang-orang jahat dari Madinah mendatangi Dajjal …." (HR. Ahmad, Abdullah bin Ahmad, Ibnu Hibban. Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu berkata: Sanadnya shahih)
Dalam sebuah hadits disebutkan juga bahwa Dajjal akan muncul di tengah-tengah pasukan Khawarij.
يَنْشَأُ نَشْءٌ يَقْرَؤُوْنَ الْقُرْآنَ لاَ يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ، كُلَّمَا خَرَجَ قَرْنٌ قُطِعَ حَتَّى خَرَجَ فِي عِرَاضِهِمُ الدَّجَّالُ
"Akan muncul sekelompok pemuda yang (pandai) membaca Al-Qur`an tapi tidak melewati tenggorokan mereka. Setiap kali keluar sekelompok mereka, maka akan tertumpas sehingga muncul Dajjal di tengah-tengah mereka." (HR. Ibnu Majah no. 174, lihat Ash-Shahihah no. 2455)

Macam-macam Fitnahnya
Fitnah yang dilakukan Dajjal banyak sekali, di antaranya:
1. Bersamanya ada surganya dan nerakanya.
Dari Hudzaifah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
الدَّجَّالُ أَعْوَرُ الْعَيْنِ الْيُسْرَى جُفَالُ الشَّعْرِ مَعَهُ جَنَّةٌ وَنَارٌ فَنَارُهُ جَنَّةٌ وَجَنَّتُهُ نَارٌ
"Dajjal cacat matanya yang kiri1, keriting rambutnya, bersamanya surga dan nerakanya. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka." (HR. Muslim, no. 2934)
2. Membunuh satu jiwa kemudian menghidupkannya kembali.
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
فَيَخْرُجُ إِلَيْهِ يَوْمَئِذٍ رَجُلٌ هُوَ خَيْرُ النَّاسِ أَوْ مِنْ خَيْرِ النَّاسِ فَيَقُوْلُ لَهُ: أَشْهَدُ أَنَّكَ الدَّجَّالُ الَّذِي حَدَّثَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيْثَهُ. فَيَقُوْلُ الدَّجَّالُ: أَرَأَيْتُمْ إِنْ قَتَلْتُ هَذَا ثُمَّ أَحْيَيْتُهُ أَتَشُكُّوْنَ فِي اْلأَمْرِ؟ فَيَقُوْلُوْنَ: لاَ. قَالَ: فَيَقْتُلُهُ ثُمَّ يُحْيِيْهِ...
"Keluarlah pada hari itu seorang yang terbaik atau di antara orang terbaik. Dia berkata: 'Aku bersaksi engkau adalah Dajjal yang telah disampaikan kepada kami oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.' Dajjal berkata (kepada pengikutnya): 'Apa pendapat kalian jika aku bunuh dia dan aku hidupkan kembali apakah kalian masih ragu kepadaku?' Mereka berkata: 'Tidak.' Maka Dajjal membunuhnya dan menghidupkannya kembali…." (HR. Muslim no. 2938)
3. Menggergaji seseorang kemudian membangkitkannya kembali. (HR. Muslim, 2938/113)
4. Memerintahkan langit untuk menurunkan hujan lalu turunlah hujan.
Dari An-Nawwas bin Sam'an radhiyallahu 'anhu: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
فَيَأْتِي عَلَى الْقَوْمِ فَيَدْعُوْهُمْ فَيُؤْمِنُوْنَ بِهِ وَيَسْتَجِيْبُوْنَ لَهُ فَيَأْمُرُ السَّمَاءَ فَتُمْطِرُ وَاْلأَرْضَ فَتُنْبِتُ
"…Dia datang kepada satu kaum mendakwahi mereka. Merekapun beriman kepadanya, menerima dakwahnya. Maka Dajjal memerintahkan langit untuk hujan dan memerintahkan bumi untuk menumbuhkan tanaman, maka turunlah hujan dan tumbuhlah tanaman…." (HR. Muslim no. 2937)
Adapun kaum yang tidak beriman dan tidak menerima dakwah Dajjal, tidak ada sedikit harta pun tersisa pada mereka.
5. Akan diikuti perbendaharaan harta.
Dalam hadits An-Nawwas bin Sam'an radhiyallahu 'anhu disebutkan, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
وَيَمُرُّ بِالْخَرِبَةِ فَيَقُوْلُ لَهَا: أَخْرِجِي كُنُوْزَكِ. فَتَتْبَعُهُ كُنُوْزُهَا كَيَعَاسِيْبِ النَّحْلِ
"…Dia mendatangi reruntuhan dan berkata: 'Keluarkanlah perbendaharaanmu.' Maka keluarlah perbendaharaannya mengikuti Dajjal seperti sekelompok lebah." (HR. Muslim no. 2937)
6. Bersamanya air, sungai, dan gunung roti, api, dan air.
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
وَإِنَّهُ مَعَهُ جَنَّةٌ وَنَارٌ وَنَهْرٌ وَمَاءٌ وَجَبَلُ خُبْزٍ وَإِنَّ جَنَّتَهُ نَارٌ وَنَارَهُ جَنَّةٌ
"...Sesungguhnya bersama dia ada surga dan nerakanya, sungai dan air, serta gunung roti. Sesungguhnya surganya Dajjal adalah neraka dan nerakanya Dajjal adalah surga." (HR. Ahmad. Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu berkata: sanadnya shahih. Lihat Qishshatu Masihid Dajjal)
Dari 'Uqbah bin 'Amr radhiyallahu 'anhu, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata tentang Dajjal:
إِنَّ الدَّجَّالَ يَخْرُجُ وَإِنَّ مَعَهُ مَاءً وَنَارًا فَأَمَّا الَّذِي يَرَاهُ النَّاسُ مَاءً فَنَارٌ تُحْرِقُ وَأَمَّا الَّذِي يَرَاهُ النَّاسُ نَارًا فَمَاءٌ بَارِدٌ عَذْبٌ، فَمَنْ أَدْرَكَ ذَلِكَ مِنْكُمْ فَلْيَقَعْ فِي الَّذِي يَرَاهُ نَارًا فَإِنَّهُ مَاءٌ عَذْبٌ طَيِّبٌ
"Sungguh Dajjal akan keluar dan bersamanya ada air dan api. Apa yang dilihat manusia air sebenarnya adalah api yang membakar. Apa yang dilihat manusia api sesungguhnya adalah air minum dingin yang segar. Barangsiapa di antara kalian yang mendapatinya hendaknya memilih yang dilihatnya api, karena itu adalah air segar yang baik." (HR. Muslim no. 2935)
Jika seorang mukmin telah mengetahui dan beriman akan keluarnya Dajjal dengan membawa fitnah yang demikian dahsyat, hendaknya ia mengamalkan beberapa sebab untuk menjaga dirinya dari Dajjal dan fitnahnya. Di antara amalan tersebut:
1. Minta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dari kejelekan fitnahnya, memperbanyak minta perlindungan darinya terutama setelah tasyahud akhir. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللهِ مِنْ أَرْبَعٍ يَقُوْلُ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ
"Jika salah seorang kalian selesai dari tasyahud akhir mintalah perlindungan dari empat perkara: 'Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari adzab jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah waktu hidup dan waktu mati, dan dari kejahatan fitnah Dajjal'." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
2. Menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi.
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:
مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُوْرَةِ الْكَهْف عُصِمَ مِنْ الدَّجَّالِ
"Barangsiapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, akan terjaga dari fitnah Dajjal." (HR. Muslim)
3. Menjauhinya, tidak mendatanginya kecuali seorang yang yakin tak akan terkena mudarat. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ سَمِعَ بِالدَّجَّالِ فَلْيَنْأَ مِنْهُ فَإِنَّ الرَّجُلَ يَأْتِيْهِ وَهُوَ يَحْسِبُ أَنَّهُ مُؤْمِنٌ فَلاَ يَزَالُ بِهِ لِمَا مَعَهُ مِنْ الشُّبَهِ حَتَّى يَتَّبِعَهُ
"Barangsiapa mendengar (keluarnya) Dajjal hendaknya menjauh darinya. Demi Allah, sungguh ada seorang yang mendatanginya merasa dirinya beriman tapi kemudian mengikuti Dajjal dikarenakan syubhat-syubhat yang dilontarkan Dajjal." (HR. Ahmad)
4. Tinggal di Makkah dan Madinah
Karena keduanya adalah negeri yang aman tak bisa dimasuki Dajjal. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
لَيْسَ مِنْ بَلَدٍ إِلاَّ سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ إِلاَّ مَكَّةَ وَالْمَدِيْنَةَ لَيْسَ لَهُ مِنْ نِقَابِهَا نَقْبٌ إِلاَّ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ صَافِّيْنَ يَحْرُسُوْنَهَا
"Tidak ada satu negeri pun kecuali akan dimasuki Dajjal, kecuali Makkah dan Madinah. Dia tidak mendapati celah/ jalan masuk kecuali padanya ada malaikat yang berbaris menjaganya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu)
Dan termasuk yang terjaga dari Dajjal juga adalah Masjidil Aqsha serta bukit Tursina (dalam riwayat Ahmad dan Ibnu Hibban sebagaimana dalam Qishshatu Masihid Dajjal)
Dari nash-nash yang kita dapatkan tentang Dajjal, kita dapatkan kesimpulan:
1. Luasnya rahmat Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada hamba-hamba-Nya, karena Dia telah membekali mereka dengan senjata yang bisa mematahkan hujjah dan fitnah Dajjal. Ini terwujud dengan penjelasan sifat-sifat yang menunjukkan kedustaannya, kaum mukmin diberi kemampuan untuk membaca apa yang tertulis di kening Dajjal yang menunjukkan kekufurannya. Juga Allah Subhanahu wa Ta'ala bimbing kita untuk menghafal sepuluh ayat pertama dalam surat Al-Kahfi sebagai tameng dari Dajjal.
2. Dajjal adalah sosok manusia yang telah sangat jelas sifat-sifatnya sebagai manusia. Ini membantah ucapan orang sesat dan ahlul bid'ah yang menyatakan Dajjal hanyalah sosok fiktif belaka atau hanyalah simbol dari tersebarnya kerusakan.
3. Dajjal mempunyai sifat dan fitnah-fitnah yang telah digambarkan dengan rinci: keluarnya di akhir jaman, muncul dari arah Syam, tinggal selama 40 hari, diberi kemampuan mematikan dan menghidupkan, membawa surga dan neraka, tertulis di antara dua matanya ك ف ر, dan sifat lainnya. Ini membantah ucapan yang menyatakan bahwa Dajjal adalah Sri Sathya Sai Baba dari India, atau kiasan dari kemajuan serta fitnah Eropa.
Wa akhiru da'wana anil hamdulillahi Rabbbil 'alamin.

1 Dalam hal ini terdapat perbedaan riwayat, sebagian menyatakan yang kiri dan sebagaian menyatakan yang kanan. Sebagian ulama mengkompromikan riwayat-riwayat tersebut dengan mengatakan bahwa mata yang kanan terhapus dan tidak bercahaya, sedangkan pada mata yang kiri terdapat sepotong daging yang menonjol. (ed)

Oleh Al-Ustadz Abu Abdillah Abdurrahman Mubarak

HADITS / AS SUNNAH SEBAGAI KEMUTLAKAN SERTA KENISCAYAAN SEBAGAIMANA AL QUR’AN DAN MENJADI BAGIAN YANG TIDAK TERPISAHKAN DARI AL QUR’AN


 

Pengertian As-Sunnah

Yang dimaksud As-Sunnah di sini adalah Sunnah Nabi, yaitu segala sesuatu yang bersumber dari Nabi Muhammad berupa perkataan, perbuatan, atau persetujuannya (terhadap perkataan atau perbuatan para sahabatnya) yang ditujukan sebagai syari'at bagi umat ini. Termasuk didalamnya apa saja yang hukumnya wajib dan sunnah sebagaimana yang menjadi pengertian umum menurut ahli hadits. Juga 'segala apa yang dianjurkan yang tidak sampai pada derajat wajib' yang menjadi istilah ahli fikih (Lihat Al-Hadits Hujjatun bi Nafsihi fil Aqaid wa al Ahkam karya As-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, hal. 11).

As-Sunnah atau Al-Hadits merupakan wahyu kedua setelah Al-Qur'an sebagaimana disebutkan dalam sabda Rasulullah :
"Ketahuilah, sesungguhnya aku diberi Al-Qur`an dan (sesuatu) yang serupa dengannya." -yakni As-Sunnah-, (H.R. Abu Dawud no.4604 dan yang lainnya dengan sanad yang shahih, juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam al-Musnad IV/130)

Para ulama juga menafsirkan firman Allah :
"…dan supaya mengajarkan kepada mereka Al-Kitab dan Al-Hikmah" (Al BAqarah ayat 129)

Al-Hikmah dalam ayat tersebut adalah As-Sunnah seperti diterangkan oleh Imam As-Syafi`i, "Setiap kata al-hikmah dalam Al-Qur`an yang dimaksud adalah As-Sunnah." Demikian pula yang ditafsirkan oleh para ulama yang lain. ( Al-Madkhal Li Dirasah Al Aqidah Al-Islamiyah hal. 24)

As-Sunnah Terjaga Sampai Hari Kiamat

Diantara pengetahuan yang sangat penting, namun banyak orang melalaikannya, yaitu bahwa As-Sunnah termasuk dalam kata 'Adz-Dzikr' yang termaktub dalam firman Allah Al-Qur`an surat al-Hijr ayat 9, yang terjaga dari kepunahan dan ketercampuran dengan selainnya, sehingga dapat dibedakan mana yang benar-benar As-Sunnah dan mana yang bukan. Tidak seperti yang di sangka oleh sebagian kelompok sesat, seperti Qadianiyah (Kelompok pengikut Mirza Ghulam Ahmad al-Qadiani yang mengaku sebagai nabi, yang muncul di negeri India pada masa penjajahan Inggris) dan Qur`aniyun (Kelompok yang mengingkari As-Sunnah, dan hanya berpegang pada Al-Qur'an), yang hanya mengimani (meyakini) Al-Qur`an namun menolak As-Sunnah. Mereka beranggapan salah (dari sini nampak sekali kebodohan mereka akan Al Qur'an, seandainya mereka benar-benar mengimani Al Qur'an sudah pasti mereka akan mengimani As-Sunnah, karena betapa banyak ayat Al Qur'an yang memerintahkan untuk mentaati Rasulullah yang sudah barang tentu menunjukkan perintah untuk mengikuti As-Sunnah) tatkala mengatakan bahwa As-Sunnah telah tercampur dengan kedustaan manusia; tidak lagi bisa dibedakan mana yang benar-benar As-Sunnah dan mana yang bukan. Sehingga, mereka menyangka, setelah wafatnya Rasulullah , kaum muslimin tidak mungkin lagi mengambil faedah dan merujuk kepada as-Sunnah.( Al-Hadits Hujjatun bi Nafsihi fi Al Aqaid wal Ahkam hal. 16)

Dalil-dalil yang Menunjukkan Terpeliharanya As-Sunnah:

Pertama:
Firman Allah:

$¯RÎ)
ß`øtwU
$uZø9¨tR
tø.Ïe%!$#
$¯RÎ)ur
¼çms9
tbqÝàÏÿ»ptm:
ÇÒÈ

"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (Q.S. Al-Hijr:9)
Adz-Dzikr dalam ayat ini mencakup Al-Qur'an dan –bila diteliti dengan cermat- mencakup pula As-Sunnah.

Sangat jelas dan tidak diragukan lagi bahwa seluruh sabda Rasulullah yang berkaitan dengan agama adalah wahyu dari Allah sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya:
"Dan tiadalah yang diucapkannya (Muhammad) itu menurut kemauan hawa nafsunya." (Q.S. An-Najm:3)

Tidak ada perselisihan sedikit pun di kalangan para ahli bahasa atau ahli syariat bahwa setiap wahyu yang diturunkan oleh Allah merupakan Adz-Dzikr. Dengan demikian, sudah pasti bahwa yang namanya wahyu seluruhnya berada dalam penjagaan Allah; dan termasuk di dalamnya As-Sunnah.

Segala apa yang telah dijamin oleh Allah untuk dijaga, tidak akan punah dan tidak akan terjadi penyelewengan sedikitpun. Bila ada sedikit saja penyelewengan, niscaya akan dijelaskan kebatilan penyelewengan tersebut sebagai konsekuensi dari penjagaan Allah. Karena seandainya penyelewengan itu terjadi sementara tidak ada penjelasan akan kebatilannya, hal itu menunjukkan ketidak akuratan firman Allah yang telah menyebutkan jaminan penjagaan. Tentu saja yang seperti ini tidak akan terbetik sedikitpun pada benak seorang muslim yang berakal sehat.

Jadi, kesimpulannya adalah bahwa agama yang dibawa oleh Muhammad ini pasti terjaga. Allah sendirilah yang bertanggung jawab menjaganya; dan itu akan terus berlangsung hingga akhir kehidupan dunia ini ( Al-Hadits Hujjatun bi Nafsihi fi al Aqaid wa Al Ahkam, karya Muhammad Nashiruddin Al-Albani hal. 16-17)

Kedua:
Allah menjadikan Muhammad sebagai penutup para nabi dan rasul, serta menjadikan syari'at yang dibawanya sebagai syari'at penutup. Allah memerintahkan kepada seluruh manusia untuk beriman dan mengikuti syari'at yang dibawa oleh Muhammad sampai Hari Kiamat, yang hal ini secara otomatis menghapus seluruh syari'at selainnya. Dan adanya perintah Allah untuk menyampaikannya kepada seluruh manusia, menjadikan syariat agama Muhammad tetap abadi dan terjaga. Adalah suatu kemustahilan, Allah membebani hamba-hamba-Nya untuk mengikuti sebuah syari'at yang bisa punah. Sudah kita maklumi bahwa dua sumber utama syari'at Islam adalah Al-Qur`an dan As-Sunnah. Maka bila Al-Qur'an telah dijamin keabadiannya, tentu As-Sunnah pun demikian ( Al-Hadits Hujjatun bi Nafsihi fi al Aqaid wa Al Ahkam, karya Muhammad Nashiruddin Al-Albani hal. 19-20)

Ketiga:
Seorang yang memperhatikan perjalanan umat Islam, niscaya ia akan menemukan bukti adanya penjagaan As-Sunnah. Diantaranya sebagai berikut (Al Madkhal li Ad Dirasah Al Aqidah Al Islamiyah, hal. 25):

(a) Perintah Nabi kepada para sahabatnya agar menjalankan As-Sunnah.

(b) Semangat para sahabat dalam menyampaikan As-Sunnah.

(c) Semangat para ulama di setiap zaman dalam mengumpulkan As-Sunnah dan menelitinya sebelum mereka menerimanya.

(d) Penelitian para ulama terhadap para periwayat As-Sunnah.

(e) Dibukukannya Ilmu Al Jarh wa At Ta'dil.( Ilmu yang membahas penilaian para ahli hadits terhadap para periwayat hadits, baik berkaitan dengan pujian maupun celaan, Pen.)

(f) Dikumpulkannya hadits–hadits yang cacat, lalu dibahas sebab-sebab cacatnya.

(g) Pembukuan hadits-hadits dan pemisahan antara yang diterima dan yang ditolak.

(h) Pembukuan biografi para periwayat hadits secara lengkap.

Wajib merujuk kepada As-Sunnah dan haram menyelisihinya
Pembaca yang budiman, sudah menjadi kesepakatan seluruh kaum muslimin pada generasi awal, bahwa As-Sunnah merupakan sumber kedua dalam syari'at Islam di semua sisi kehidupan manusia, baik dalam perkara ghaib yang berupa aqidah dan keyakinan, maupun dalam urusan hukum, politik, pendidikan dan lainnya. Tidak boleh seorang pun melawan As-Sunnah dengan pendapat, ijtihad maupun qiyas. Imam Syafi'i rahimahullah di akhir kitabnya, Ar-Risalah berkata, "Tidak halal menggunakan qiyas tatkala ada hadits (shahih)." Kaidah Ushul menyatakan, "Apabila ada hadits (shahih) maka gugurlah pendapat", dan juga kaidah "Tidak ada ijtihad apabila ada nash yang (shahih)". Dan perkataan-perkataan di atas jelas bersandar kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Perintah Al-Qur`an agar berhukum dengan As-Sunnah

  1. NABI DITUGASKAN UNTUK MENYAMPAIKAN AL QUR'AN DAN SEKALIGUS DIBERI WEWENANG UNTUK MENJELASKANNYA.

ÏM»uZÉit7ø9$$Î/
Ìç/9$#ur
3
!$uZø9tRr&ur
y7øs9Î)
tò2Ïe%!$#
tûÎiüt7çFÏ9
Ĩ$¨Z=Ï9
$tB
tAÌhçR
öNÍköŽs9Î)
öNßg¯=yès9ur
šcrã©3xÿtGtƒ
ÇÍÍÈ

Q.S. AN NAHL : 44. Keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. dan Kami turunkan kepadamu Al Quran, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka[829] dan supaya mereka memikirkan,


 

[829] Yakni: perintah-perintah, larangan-larangan, aturan dan lain-lain yang terdapat dalam Al Quran.


 

Penjelasan :

Dimana terdapat keterangan dari Rasul tentang hal-hal dalam menerangkan isi Al Qur'an, selain di dalam As Sunnah / Hadits


 

  1. NABI SELAIN DIBERI TUGAS MENERANGKAN JUGA UNTUK MENJELASKAN BENAR DAN SALAH YANG DIPERSELISIHKAN MANUSIA

!$tBur
$uZø9tRr&
y7øn=tã
|=»tGÅ3ø9$#
žwÎ)
tûÎiüt7çFÏ9
ÞOçlm;
Ï%©!$#
(#qàÿn=tG÷z$#
ÏÏù
 
Yèdur
ZpuH÷quur
5Qöqs)Ïj9
šcqãZÏB÷sãƒ
ÇÏÍÈ

Q.S. AN NAHL : 64. Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al Quran) ini, melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.

Penjelasan :

Dimana terdapat penjelasan dari Rasul tentang hal-hal keputusannya dalam menyelesaian perselisihan, selain di dalam As Sunnah / Hadits


 

  1. NABI DIBERI KEWENANGAN UNTUK MEMBUAT KEPUTUSAN-KEPUTUSAN DAN ORANG YANG MENYALAHI KEPUTUSANNYA DURHAKA

`tBur
È,Ï%$t±ç
tAqߧ9$#
.`ÏB
Ï÷èt/
$tB
tû¨üt6s?
ã&s!
3yßgø9$#
ôìÎ6­Ftƒur
uŽöxî
È@‹Î6y
tûüÏZÏB÷sßJø9$#
¾Ï&Îk!uqçR
$tB
4¯<uqs?
¾Ï&Î#óÁçRur
zN¨Yygy_
(
ôNuä!$yur
#·ŽÅÁtB
ÇÊÊÎÈ

Q.S. AN NISA' : 115. Dan Barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu[348] dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.


 

[348] Allah biarkan mereka bergelimang dalam kesesatan.


 

Penjelasan :

Jalan orang-orang mukmin adalah jalannya para sahabat rodhiallohu 'anhum, dimana keterangan-keterangan para sahabat selain di dalam As Sunnah / Hadits ?


 

  1. NABI DITUGASKAN MEMBERSIHKAN JIWA MANUSIA DAN MENGAJARKAN HIKMAH KEPADA MANUSIA

$uZ­/u
ô]yèö/$#ur
öNÎg‹Ïù
Zwqßu
öNåk÷]ÏiB
(#qè=÷Gtƒ
öNÍköŽn=tæ
y7ÏG»tƒ#uä
ÞOßgßJÏk=yèãƒur
|=»tGÅ3ø9$#
spyJõ3Ïtø:$#ur
öNÍÏj.tãƒur
4
y7¨RÎ)
|MRr&
âƒÍyèø9$#
ÞÅ3ysø9$#
ÇÊËÒÈ

Q.S. AL ABAQOROH : 129. Ya Tuhan Kami, utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.


 

Penjelasan :

Dimana terdapat pengajaran dan al hikmah, selain di dalam As Sunnah / Hadits


 

  1. NABI DITUGASKAN MEMBEBASKAN MANUSIA DARI SEGALA BENTUK KESESATAN

uqèd
Ï%©!$#
y]yèt/
Îû
z`¿ÍhÏiBW{$#
Zwqßu
öNåk÷]ÏiB
(#qè=÷Ftƒ
öNÍköŽn=tã
¾ÏmÏG»tƒ#uä
öNÍÏj.tãƒur
ãNßgßJÏk=yèãƒur
|=»tGÅ3ø9$#
spyJõ3Ïtø:$#ur
bÎ)ur
(#qçR%x.
`ÏB
ã@ö6s%
Å"s9
9n=|Ê
&ûüÎ7B
ÇËÈ

Q.S. AL JUMU'AH : 2. Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka kitab dan Hikmah (As Sunnah). dan Sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata,

Penjelasan :

Sebelum mengikuti pengajaran dari kitab (Al Qur'an) dan Al Hikmah yang di dalam As Sunnah / Hadits adalah termasuk dalam kesesatan yang nyata.


 

  1. NABI MENJADI SUMBER PENGAMBILAN DALAM MELAKSANAKAN AGAMA

!$¨B
uä!$sùr&
ª!$#
4n?tã
¾Ï&Î!qßu
ô`ÏB
È@÷dr&
3tà)ø9$#
¬Tsù
ÉAqߧ=Ï9ur
Ï%Î!ur
4n1öà)ø9$#
4ytGuŠø9$#ur
ÈûüÅ|¡yJø9$#ur
Èûøó$#ur
È@‹Î6¡¡9$#
ös1
Ÿw
tbqä3tƒ
P's!rߊ
tû÷üt/
Ïä!$uŠÏYøîF{$#
öNä3ZÏB
4
!$tBur
ãNä39s?#uä
ãAqߧ9$#
çnräãsù
$tBur
öNä39pktX
çm÷Ytã
(#qßgtFR$$sù
4
(#qà)¨?$#ur
©!$#
(
¨bÎ)
©!$#
߃Ïx©
É>$s)Ïèø9$#
ÇÐÈ

Q.S. AL HASYR : 7. Apa saja harta rampasan (fai-i) yang diberikan Allah kepada RasulNya (dari harta benda) yang berasal dari penduduk kota-kota Maka adalah untuk Allah, untuk rasul, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan, supaya harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. apa yang diberikan Rasul kepadamu, Maka terimalah. dan apa yang dilarangnya bagimu, Maka tinggalkanlah. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Amat keras hukumannya.

Penjelasan :

Dimana terdapat keterangan dan larangan dari Rasul tentang penjelasan pembagian harta rampasan, selain di dalam As Sunnah / Hadits


 

  1. CELAAN ORANG-ORANG YANG MELAKSANAKAN AGAMA BERDASARKAN REKA-REKA SENDIRI

öNåk÷]ÏBur
tbqÏiBé&
Ÿw
šcqßJn=ôètƒ
|=»tGÅ3ø9$#
HwÎ)
¥ÎT$tBr&
÷bÎ)ur
öNèd
žwÎ)
tbqZÝàtƒ
ÇÐÑÈ

Q.S. AL BAQOROH : 78. Dan diantara mereka ada yang buta huruf, tidak mengetahui Al kitab (Taurat), kecuali dongengan bohong belaka dan mereka hanya menduga-duga[67].

[67] Kebanyakan bangsa Yahudi itu buta huruf, dan tidak mengetahui isi Taurat selain dari dongeng-dongeng yang diceritakan pendeta-pendeta mereka.

Penjelasan :

Keterangan agama dalam beribadah kepada Alloh selain dari Rasul hanyalah duga-duga/persangkaan.

  1. ORANG-ORANG YANG MENYUSUN PEDOMAN SENDIRI DALAM BERAGAMA OLEH ALLOH DIANCAM NERAKA WEL

×@÷ƒuqsù
tûïÏ%©#Ïj9
tbqç7çFõ3tƒ
|=»tGÅ3ø9$#
öNÍk‰Ï÷ƒr'Î/
§NèO
tbqä9qà)tƒ
#x»yd
ô`ÏB
ÏYÏã
«!$#
(#rçŽtIô±uŠÏ9
¾ÏmÎ/
$YYyJrO
WÎ=s%
(
×@÷ƒuqsù
Nßg©9
$£JÏiB
ôMt6tGŸ2
öNÍÏ÷ƒr&
×@÷ƒurur
Nßg©9
$£JÏiB
tbqç7Å¡õ3tƒ
ÇÐÒÈ

Q.S. AL BAQOROH : 79. Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; "Ini dari Allah", (dengan maksud) untuk memperoleh Keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.

Penjelasan :

Cara beribadah yang tidak dicontohkan Nabi atau berasal dari keterangan yang nyata dalam Hadits yang kemudian dikatakan dari agama Islam adalah bentuk kedurhakaan kepada Alloh dan Rasul-Nya.


 

  1. ALLOH MENYATAKAN KAFIR KEPADA ORANG-ORANG YANG MENYALAHI RASULNYA

óOs9
Ç`ä3tƒ
tûïÏ%©!$#
(#rãxÿx.
ô`ÏB
È@÷dr&
É=»tGÅ3ø9$#
tûüÏ.ÎŽô³ßJø9$#ur
tûüÅj3xÿZãB
4Ó®Lym
ãNåkuŽÏ?ù's?
èpuZÉit7ø9$#
ÇÊÈ
×Aqßu
z`ÏiB
«!$#
(#qè=÷Gtƒ
$Zÿçtà¾
Zot£gsÜB
ÇËÈ
$pÏù
Ò=çGä.
×pyJÍhs%
ÇÌÈ
$tBur
s-§xÿs?
tûïÏ%©!$#
(#qè?ré&
|=»tGÅ3ø9$#
žwÎ)
.`ÏB
Ï÷èt/
$tB
ãNåkøEuä!%y`
èpuZÉit7ø9$#
ÇÍÈ

Q.S AL BAYYINAH : 1. Orang-orang kafir Yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata,

2. (yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang disucikan (Al Quran),

3. Di dalamnya terdapat (isi) Kitab-Kitab yang lurus[1594].

4. Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yang didatangkan Al kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yang nyata.

[1594] Yang dimaksud dengan isi Kitab-Kitab yang Lurus ialah isi Kitab-Kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi seperti Taurat, Zabur, dan Injil yang murni.

Penjelasan :

Adalah termasuk orang kafir orang yang tidak beriman kepada yang dibawa Rasul baik AL Qur'an dan Hadits


 

  1. ORANG YANG MENYUSAHKAN NABI MASUK NERAKA

ÆtBur
ÄÈ÷ètƒ
©!$#
¼ã&s!qßuur
£yètGtƒur
¼çnyŠrßãn
ã&ù#Åzôãƒ
#·‘$tR
#V$Î#»yz
$yg‹Ïù
¼ã&s!ur
ÑU#xtã
ÑúüÎgB
ÇÊÍÈ

Q.S. AN NISA' : 14. Dan Barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan.

Penjelasan :

Mendurhakai Rasul dengan tidak mengikuti penjelasannya termasuk mendurhakai Alloh.


 

  1. DIANGGAP SESAT SEORANG SIAPA SAJA YANG DENGAN SENGAJA BERLAKU DURHAKA KEPADA RASUL

$tBur
tb%x.
9`ÏB÷sßJÏ9
Ÿwur
>puZÏB÷sãB
#sŒÎ)
Ó|Ós%
ª!$#
ÿ¼ã&è!qßuur
#·øBr&
br&
tbqä3tƒ
ãNßgs9
äouŽzσø:$#
ô`ÏB
öNÏdÌøBr&
3
`tBur
ÄÈ÷ètƒ
©!$#
¼ã&s!qßuur
ôs)sù
¨@|Ê
Wn=|Ê
$YZ�Î7B
ÇÌÏÈ

Q.S. AL AHZAB : 36. Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. dan Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya Maka sungguhlah Dia telah sesat, sesat yang nyata.

Penjelasan :

Dimana terdapat ketetapan Rasul, selain di dalam As Sunnah / Hadits dan mengingkarinya termasuk dalam kesesatan yang nyata.


 

  1. BUKTI CINTA ALLOH HARUS MENCINTAI NABINYA, BAIK PERKATAAN, NASEHAT, DAN PERBUTANNYA

ö@è%
bÎ)
óOçFZä.
tbq7Åsè?
©!$#
ÏRqãèÎ7¨?$$sù
ãNä3ö7Î6ósãƒ
ª!$#
öÏÿøótƒur
ö/ä3s9
ö/ä3t/qçRèŒ
3
ª!$#ur
Öqàÿxî
ÒO‹Ïm§
ÇÌÊÈ

Q.S. ALI IMRON : 31. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Penjelasan :

Bagaimana kita mengikuti Aku yaitu Rasul yang dalam hal ini perkataan, nasehat dan perbuatannya kalau tidak dari As Sunnah / Hadits


 

  1. ORANG YANG BETUL-BETUL BERIMAN ADALAH ORANG-ORANG YANG MENOLONG RASULNYA

Ïä!#ts)àÿù=Ï9
tûïÌÉf»ygßJø9$#
tûïÏ%©!$#
(#qã_Ì÷zé&
`ÏB
öNÏdÌ»tƒÏŠ
óOÎgÏuqøBr&ur
tbqäótGö6tƒ
WxôÒsù
z`ÏiB
«!$#
$ZuqôÊÍur
tbrçŽÝÇZtƒur
©!$#
ÿ¼ã&s!qßuur
4
šÍ´¯»s9'ré&
ãNèd
tbqè%Ï»¢Á9$#
ÇÑÈ

Q.S. AL HASYR : 8. (juga) bagi orang fakir yang berhijrah[1466] yang diusir dari kampung halaman dan dari harta benda mereka (karena) mencari karunia dari Allah dan keridhaan-Nya dan mereka menolong Allah dan RasulNya. mereka Itulah orang-orang yang benar.

[1466] Maksudnya: Kerabat Nabi, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil yang kesemuanya orang fakir dan berhijrah.

Penjelasan :

Orang-orang yang menolong Rosul tentu yang mengikuti perkataan, nasehat, dan perbuatannya dalam Hadits


 

  1. NABI DIPERINTAHKAN UNTUK MENYAMPAIKAN KEBENARAN

ö@è%
ÎoTÎ)
4n?tã
7puZÉit/
`ÏiB
În1§
OçFö/¤Ÿ2ur
¾ÏmÎ/
4
$tB
ÏZÏã
$tB
šcqè=ÉÚ÷ètGó¡n@
ÿ¾ÏmÎ/
4
ÈbÎ)
ãNõ3ßÛø9$#
žwÎ)
¬!
(
Èà)tƒ
¨,ysø9$#
(
uqèdur
çŽöyz
tû,Î#ÅÁ»xÿø9$#
ÇÎÐÈ

Q.S AL AN'AAM : 57. Katakanlah: "Sesungguhnya aku berada di atas hujjah yang nyata (Al Quran) dari Tuhanku[479], sedang kamu mendustakannya. tidak ada padaku apa (azab) yang kamu minta supaya disegerakan kedatangannya. menetapkan hukum itu hanyalah hak Allah. Dia menerangkan yang sebenarnya dan Dia pemberi keputusan yang paling baik".

[479] Maksudnya: Nabi Muhammad s.a.w. mempunyai bukti yang nyata atas kebenarannya.

Penjelasan :

Rasul hanyalah menyampaikan penjelasan dari Alloh.


 

  1. ADANYA PERINTAH MENGEMBALIKAN SEMUA MASALAH KEPADA ALLOH DAN RASULNYA

$pkšr'¯»tƒ
tûïÏ%©!$#
(#þqãYtB#uä
(#qãèÏÛr&
©!$#
(#qãèÏÛr&ur
tAqߧ9$#
Í<'ré&ur
ÍöDF{$#
óOä3ZÏB
(
bÎ*sù
÷Läêôãt»uZs?
Îû
&äóÓx«
çnrŠãsù
n<Î)
«!$#
ÉAqߧ9$#ur
bÎ)
÷LäêYä.
tbqãZÏB÷sè?
«!$$Î/
ÏQöquø9$#ur
ÌÅzFy$#
4
y7ÏsŒ
׎öyz
ß`|¡ômr&ur
¸Írù's?
ÇÎÒÈ

Q.S. A NISA' : 59. Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. kemudian jika kamu berlainan Pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Penjelasan :

Mengembalikan kepada Al Qur'an dan Rasul, kepada Rasul jelas kepada ketetapan-ketetapan Rasul dalam Hadits.


 


 


 


 

  1. ADA PERINTAH DARI ALLOH UNTUK TAAT KEPADA ALLOH DAN RASULNYA TANPA SYARAT

(#qãèÏÛr&ur
©!$#
tAqߧ9$#ur
öNà6¯=yès9
šcqßJymöè?
ÇÊÌËÈ

Q.S ALI IMRON : 132. Dan taatilah Allah dan rasul, supaya kamu diberi rahmat.

Ÿxsù
y7În/uur
Ÿw
šcqãYÏB÷sãƒ
4Ó®Lym
x8qßJÅj3ysãƒ
$yÏù
tyfx©
óOßgoY÷t/
§NèO
Ÿw
(#rßÅgs
þÎû
öNÎhÅ¡àÿRr&
%[`tym
$£JÏiB
|MøŠŸÒs%
(#qßJÏk=|¡çur
$VÎ=ó¡n@
ÇÏÎÈ

Q.S. AN NISA' : 65. Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.

Penjelasan :

Keputusan yang Rasul berikan jelas hanya terdapat dalam Hadits dan diterima tanpa ragu sedikitpun.


 

  1. ADA PERINTAH MENGIKUTI JALAN NABI

tûïÏ%©!$#
tbqè=ÏJøts
z¸öyèø9$#
ô`tBur
¼çms9öqym
tbqßsÎm7|¡ç
ÏôJpt¿2
öNÍkÍh5u
tbqãZÏB÷sãƒur
¾ÏmÎ/
tbrãÏÿøótGó¡our
tûïÏ%©#Ï9
(#qãZtB#uä
$uZ­/u
|M÷èÅur
¨@à2
&äóÓx«
ZpyJôm§
$VJù=Ïãur
öÏÿøî$$sù
tûïÏ%©#Ï9
(#qç/$s?
(#qãèt7¨?$#ur
y7n=‹Î6y
öNÎgÏ%ur
z>#xtã
ËÅspgø:$#
ÇÐÈ

Q.S AL MUKMIN : 7. (malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan Malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan Kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, Maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala,

Penjelasan :

Mengikuti jalan Engkau yaitu apa yang telah ditempuh oleh Rasul


 

  1. APA YANG DILAKUKAN DAN DIUCAPKAN NABI SEMATA-MATA WAHYU DARI ALLOH

#sŒÎ)ur
4n?÷Gè?
óOÎgøŠn=tæ
$uZè?$tƒ#uä
;M»oYÉit/
 
tA$s%
šúïÏ%©!$#
Ÿw
tbqã_ötƒ
$tRuä!$s)Ï9
ÏMø$#
Ab#uäöà)Î/
ÎŽöxî
!#x»yd
÷rr&
ã&ø!Ïdt/
4
ö@è%
$tB
Ücqä3tƒ
þÍ<
÷br&
¼ã&s!Ïdt/é&
`ÏB
Ç!$s)ù=Ï?
ûÓŤøÿtR
(
÷bÎ)
ßìÎ7¨?r&
žwÎ)
$tB
#Óyrqãƒ
 n<Î)
(
þÎoTÎ)
ß$%s{r&
÷bÎ)
àMøŠ|Átã
În1u
z>#xtã
BQöqtƒ
5O‹Ïàtã
ÇÊÎÈ

Q.S. YUNUS : 15. Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang nyata, orang-orang yang tidak mengharapkan Pertemuan dengan Kami berkata: "Datangkanlah Al Quran yang lain dari ini[675] atau gantilah dia[676]". Katakanlah: "Tidaklah patut bagiku menggantinya dari pihak diriku sendiri. aku tidak mengikut kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Sesungguhnya aku takut jika mendurhakai Tuhanku kepada siksa hari yang besar (kiamat)".

[675] Maksudnya: datangkanlah kitab yang baru untuk Kami baca yang tidak ada di dalamnya hal-hal kebangkitan kubur, hidup sesudah mati dan sebagainya.

[676] Maksudnya: gantilah ayat-ayat yang menerangkan siksa dengan ayat-ayat yang menerangkan rahmat, dan yang mencela tuhan-tuhan Kami dengan yang memujinya dan sebagainya.

Penjelasan :

Apa yang disampaikan Rasul sebagaimana yang tercatat dalam Hadits pada dasarnya bimbingan dari Alloh juga


 

  1. MENGIKUTI NABI BERARTI MENGESAMPINGKAN SELERA ATAU HAWA NAFSU KITA SENDIRI

šÏs%Î#sù
äí÷Š$$sù
(
öNÉ)tFó$#ur
!$yJŸ2
|NöÏBé&
(
Ÿwur
ôìÎ7®Ks?
öNèduä!#uq÷dr&
(
ö@è%ur
àMZtB#uä
!$yJÎ/
tAtRr&
ª!$#
`ÏB
5=»tGÅ2
(
ßNöÏBé&ur
tAÏôãL{
ãNä3uZ÷t/
(
ª!$#
$uZš/u
öNä3š/uur
(
!$uZs9
$oYèyJôãr&
öNä3s9ur
öNà6èyJôãr&
(
Ÿw
sp¤fãm
$uZoY÷t/
ãNä3uZ÷t/ur
(
ª!$#
ßìyJøgs
$uZoY÷t/
(
Ïmøs9Î)ur
çŽÅÁyJø9$#
ÇÊÎÈ

Q.S. ASY SYURO : 15. Maka karena itu serulah (mereka kepada agama ini) dan tetaplah[1343] sebagai mana diperintahkan kepadamu dan janganlah mengikuti hawa nafsu mereka dan Katakanlah: "Aku beriman kepada semua kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan supaya Berlaku adil diantara kamu. Allah-lah Tuhan Kami dan Tuhan kamu. bagi Kami amal-amal Kami dan bagi kamu amal-amal kamu. tidak ada pertengkaran antara Kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nyalah kembali (kita)".

[1343] Maksudnya: tetaplah dalam agama dan lanjutkanlah berdakwah.

Penjelasan :

Mengikuti hawa nafsu jelas bukan berasal dari Hadits

  1. ORANG MUKMIN YANG SEBENARNYA MENGIKUTI KEBENARAN DARI ALLOH YANG TELAH DIAJARKAN KEPADA NABI

y7ÏsŒ
¨br'Î/
šúïÏ%©!$#
(#rãxÿx.
(#qãèt7¨?$#
Ÿ@ÏÜ»t7ø9$#
¨br&ur
tûïÏ%©!$#
(#qãZtB#uä
(#qãèt7¨?$#
¨,ptø:$#
`ÏB
öNÍkÍh5§
4
y7Ïxx.
Ü>ÎŽôØo
ª!$#
Ĩ$¨Z=Ï9
öNßgnsWøBr&
ÇÌÈ

Q.S. MUHAMMAD : 3. Yang demikian adalah karena Sesungguhnya orang-orang kafir mengikuti yang bathil dan Sesungguhnya orang-orang mukmin mengikuti yang haq dari Tuhan mereka. Demikianlah Allah membuat untuk manusia perbandingan-perbandingan bagi mereka.

Penjelasan :

Penjelasan yang Haq dari Robb mereka adalah Rasul yang terdapat di dalam Hadi